Menjelang Natal dan Tahun Baru, PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik Bergilir

Menjelang Natal dan Tahun Baru, PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman Bergilir
Illustrasi
Menjelang Natal dan Tahun Baru, PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik Bergilir  - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Dijaya) menegaskan tidak akan ada pemadaman bergilir selama Natal dan Tahun Baru. PLN akan menjaga kehandalan pasokan listrik saat Natal dan menjelang pergantian tahun 2015 ke 2016.

Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang‎ Aries Dwianto‎ mengatakan, PLN Disjaya tidak merencanakan pemadaman aliran listrik untuk kepentingan pembangunan jaringan, rehabilitasi dan atau pemeliharaan jaringan tenaga listrik, berkaitan dengan malam pergantian tahun.

"Namun, listrik padam bisa saja terjadi dalam keadaan yang tidak terencana seperti bila terjadi gangguan pada sistem jaringan tenaga listrik, kejadian yang tidak terprediksi sebelumnya atau bencana alam (force majeure)," katanya dalam ketarangan tertulis yang diterima Sindonews di Jakarta, Kamis (24/12/2015).

Guna mengantisipasi percepatan pemulihan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan jaringan, PLN Disjaya dan Tangerang melakukan siaga penuh pada setiap Posko Pelayanan Teknik pada 35 wilayah selama 24 jam sehari 7 hari seminggu.

Posko-posko tersebut dapat dihubungi melalui Contact Center 123 dari telepon rumah maupun (021) 123 dari telepon seluler, Facebook PLN123 dan Twitter @pln_123. "PLN Disjaya memberlakukan‎ piket siaga dan penguatan mulai 22 Desember 2015 sampai 7 Januari 2016,"‎ imbuhnya.

(Baca Juga: 13,1 Juta Pelanggan Listrik Pra Bayar RI Terbesar di Dunia)

Dia memperkirakan beban puncak Natal terjadi pada 25 Desember 2015 saat siang, yaitu sekitar 4456 megawatt (MW) dan saat malam 5346 MW. Sedangkan beban puncak jelang malam pergantian tahun yaitu pada 31 Desember 2015 pukul 19.00 WIB, yaitu 3271 MW dan beban puncak siang pada 1 Januari 2016 sebesar 3294 MW.

"Saat Natal, beban puncak Jakarta lebih tinggi pada malam hari. Hal ini tak seperti biasanya karena 25 Desember 2015 merupakan hari libur nasional sehingga sedikit perkantoran dan industri yang beroperasi," tuturnya.

Menurutnya beban puncak saat Natal dan Tahun Baru lebih rendah dibanding beban puncak yang pernah dicapai PLN Disjaya yaitu sebesar7.293 MW. "Sehingga pasokan listrik mencukupi untuk wilayah Jakarta Raya dan Tangerang," tandasnya.

Sumber: sindonews.com

0 Response to "Menjelang Natal dan Tahun Baru, PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik Bergilir "

Post a Comment